...........SELAMAT DATANG ...........

Selasa, 15 Maret 2011

Sumber Akhlak Islam

Persoalan akhlak di dalam Islam banyak dijelaskan melalui Al Qur’an dan Al hadits. Sumber tersebut merupakan landasan dalam setiap aktifitas manusia sehari-hari. Di dalamnya juga menjelaskan arti baik dan buruk. Memberi informasi kepada umat apa yang semestinya harus diperbuat dan dilaksanakan sehingga dengan mudah dapat diketahui apakah perbuiatan itu terpuji atau tercela benar atau salah.

Kita telah mengetahui bahwa akhlak Islam merupakan sistem moral atau akhlak yang berdasarkan Islam, yakni bertolak pada aqidah yang diwahyukan Allah Swt pada Rosul-Nya yang kemudian disampaikan kepada umatnya. Akhlak Islam karena merupakan sistem akhlak yang berdasarkan kepercayaan kepada Rabb Yang Maha Esa, maka tentunya sesuai dengan dasar agama itu sendiri. Oleh karena itu sumber pokok Akhlak Islam adalah Al Quran dan hadits yang merupakan sumber utama di dalam agama Islam. Sebagaimana disebutkan dalam hadits:

ﻋﻦﺍﻨﺲ ﺒﻦ ﻣﺎﻠﻚ ﻗﺎﻞ ﺍﻠﻧﺒﻲ ﺻﻠﻲ ﷲ ﻋﻠﻳﻪ ﻮﺴﻠﻢ ﺗﺮﻛﺕ ﻓﻳﻢ ﺍﻤﺮﻳﻦ ﻠﻦ ﺗﻀﻠﻮﺍ ﻤﺎﺗﻤﺴﻛﺗﻢ ﺑﻬﻤﺎ ﻛﺗﺎﺐ ﷲ ﻮﺴﻨﺔ ﺮﺴﻮﻠﻪ

Artinya :
Dari Anas bin Malik berkata: Bersabda Nabi Saw.: ”Telah kutinggalkan atas kamu sekalian dua perkara, yang apabila kamu berpegang kepada keduanya, maka tidak akan tersesat, yaitu Kitab Allah dan sunah Rasul-Nya.”

Nabi Muhammad Saw diutus ke dunia ini adalah untuk menyempurnakan akhlak. Hal ini telah dijelaskan Allah Swt dalam firman-Nya:

Artinya :
”Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagi mu (yaitu) bagi orang yang mengharapkan rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al Ahzab:21)

Dari ayat diatas dijelaskan bahwa tugas utama Nabi Muhammad Saw. diutus ke dunia ini adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Untuk itulah Al Qur’an dan As Sunah dijadikan dasar atau sumber utama dalam akhlak Islam.

1 komentar:

Nona wijayati mengatakan...

siapa periwayat hadis ini dan dibuku apa dan halaman berapa??

Posting Komentar