...........SELAMAT DATANG ...........

Selasa, 15 Maret 2011

Pengertian Pacaran


Secara bahasa pacaran berasal dari kata ” Pacar ” yang berarti kekasih atau teman lawan jenis yang tetap dan mempunyai hubungan berdasarkan cinta-kasih. Berpacaran adalah bercinta; berkasih-kasihan. Memacari adalah mengencani; menjadikan dia sebagai pacar. 1

Pengertian diatas dapat di simpulkan bahwa pacaran adalah suatu aktifitas yang dilakukan oleh seseorang dengan teman lawan jenisnya yang tetap dan mempunyai hubungan berdasarkan cinta-kasih. Dari pengertian tersebut maka dapat di pahami bahwa dalam hubungan berpacaran ada dua pokok yang harus ada, yaitu :

1.         Adanya aktifitas yang dilakukan seseorang dengan teman lawan jenisnya yang tetap
2.         Mempunyai hubungan berdasarkan cinta-kasih

Selain pengertian diatas, pacaran didefinisikan sebagai aktifitas yang dilakukan dua remaja yang berlainan jenis untuk saling memadu cinta seolah-olah  mereka sebagai pasangan suami istri dengan batasan-batasan hubungan tertentu. 2

Pengertian pacaran diatas, apabila kita kaitkan dengan pacaran yang biasa dilakukan oleh siswa SMA, maka pengertian pacaran dapat diartikan sebagai aktifitas yang dilakukan oleh dua orang siswa yang berlainan jenis untuk memadu cinta kasih seolah-olah mereka sebagai pasangan suami istri dengan batasan- batasan hubungan tertentu.

Definisi pacaran diatas dapat dijadikan sebagai pembatasan masalah untuk bahan dalam penyusunan skripsi ini. Agar pembahasan lebih fokus dan tidak meluas kemana-mana.
Jika kita mengacu  pada definisi pacaran yang telah dikemukakan di atas, maka ada tiga kunci yang harus di pahami dalam memaknai pacaran yang dibahas di artikel ini.

Pertama, aktifitas yang dilakukan dua siswa yang berlainan jenis. Jadi, fokus pembahasan pacaran dalam skripsi ini adalah fenomena pacaran di kalangan siswa yang notabene dalam berpacaran umumnya belum memiliki niat untuk menuju jenjang yang lebih serius (pernikahan).

Kedua, untuk saling memadu cinta kasih seolah-olah mereka sebagai pasangan suami istri. Dalam  praktiknya, mereka yang berpacaran biasanya berprilaku seolah-olah mereka adalah sepasang suami istri. Mereka saling bantu- membantu, saling kasih-mengasihi, saling terikat satu sama lain, saling mesra, saling cemburu apa bila ada cowok atau cewek lain yang mendekati pacarnya, dan keuangan merekapun sering tombok dan lain sebagainya.

etiga, batasan- batasan hubungan tertentu. Dalam berpacaran, batasan-batasan hubungan antara siswa satu dan yang  lain ada perbedaan. Hal ini disebabkan karena perbedaan tingkat pemahaman dan penghayatan norma-norma agama yang masing-masing siswa berbeda. Selain itu juga, perbedaan background budaya dikalangan siswa juga berbeda.

1 Depdiknas, Kamus Bahasa Indonesia.  (Jakarta : Balai Pustaka. 1997)
2 BM, Asti. Jangan Pacarain Gue!. (Surakarta: Smart Media. 2005) h. 23

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bismillaah.. izin copy, syukron.

Unknown mengatakan...

izin share ya kawan. .
ANDA MAU KAYA DENGAN AKUN FACEBOOK MODAL 20 RIBU HASIL bisa nyampe jutaan LEBIH SEBULAN?
Atau anda mau, AKUN FACEBOOK ANDA MENGALIRKAN JUTAAN RUPIAH SETIAP HARINYA KE REKENING BANK ANDA ??
Terobosan Paling Mutachir Saat Ini, Anda Dapat Menghasilkan Uang Hanya Dengan Modal Facebook
Mau?Info Lengkap buka & klik disini aja kawan

Posting Komentar